SELAMAT DATANG DI DESA PITU KECAMATAN PITU KABUPATEN NGAWI

Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28  Administrator  224 Kali Dibaca 

VISI dan MISI

 

 

Visi

visi merupakan visi Kepala Desa terpilih dan sebagai pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana Desa Pitu harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi kepala Desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

            Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ining diraih Desa Pitu merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap 6 (enam) tahun sekali. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai visi Kepala Desa.

 

Pernyataan Visi Kepala Desa Pitu adalah:

“GOTONG ROYONG MEMBANGUN DESA TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA YANG MAJU, MANDIRI, SEJAHTERA, DAN BERAHKLAK MULIA”

 

Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, disbanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta mempersatukan anggota masyarakat.

 

  1. Misi

“ MENGELOLA PEMERINTAHAN DESA YANG TRANSPARAN, ADIL, MAJU, SEJAHTERA BERSAMA MASYARAKAT”

Misi adalag rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gersak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemeritahan tanpa mengabaikan mandate yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi, dengan kata lain misi merupakan penjabaran lebih operatif dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan dating dari usaha-usaha mencapai visi desa selama masa enam tahun.

Untuk meraih visi desa sperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah misi desa sebagai berikut yang diarahkan pada :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan kebutuhan dasar masyarakat termasuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan.
  2. Meningkatkan pendapatan real masyarakat melalui pengembangan ekonomi pedesaan yang didukung pengembangan sector pertanian, agro bisnis, pemberdayaan lembaga keuangan mikro desa (BUMDES), usaha-usaha kecil pedesaan dan pasar desa
  3. Mengembangkan potensi unggulan dsa melalui peningkatan hasil produksi dan pemasarannya
  4. Meningkatkan kualitas dan penyediaan sarana dan prasarana umum pedesaan, perkantoran dan sumber daya aparatur pemerintah desa serta lembaga-lembaga desa
  5. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ajaran agama yang dianutnya, kesadaran terhadap hak dan kewajiban, penegakan hukum dan hak asasi manusia dalam suasana masyarakat saling menghormati, harmonis, aman dan tenteram.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 791 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 314 Kali
Profil Desa
07 November 2014 | 271 Kali
Pemerintahan Desa
02 September 2022 | 254 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 241 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 232 Kali
Data Desa
24 Agustus 2016 | 224 Kali
Visi dan Misi
30 September 2022 | 139 Kali
Pasar Murah Ngawi, Tekan Inflasi
22 Maret 2023 | 99 Kali
Pembagian BLT DD Tahun 2023
22 April 2014 | 145 Kali
Pengaduan
14 Februari 2024 | 16 Kali
Musyawarah Desa Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2024 dan Musrengbangdes Perubahan RKP 2024
29 Juli 2013 | 148 Kali
Profil Masyarakat Desa
22 Juni 2023 | 72 Kali
Peduli Donor Darah
26 Agustus 2016 | 159 Kali
Wilayah Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Pitu Ngancar
Desa : Pitu
Kecamatan : Pitu
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63252
Telepon :
Email : desapitu@gmail.com